Utama

3 Alasan Kenapa Semua Orang Perlu Belajar R

Bagi banyak orang, R mungkin cuma sebuah huruf. Tapi tahu kah Anda bahwa R adalah nama salah satu bahasa pemrograman? Namun, ketika mendengar kata ‘pemrograman’, langsung terbayang hal yang ruwet … ruwet … ruwet … πŸ˜€

Apapun yang Anda bayangkan, saya pastikan itu sudah tidak cocok dengan zaman sekarang. Saya tidak bilang bahwa belajar R itu mudah. Tetapi, kita harus paham bahwa belajar R tidak berarti belajar pemrograman. Kebanyakan orang berpikir pemrograman itu tentang bikin program, entah offline ataupun online, baik aplikasi di komputer ataupun di ponsel. Bukan itu, kawan.

Sekarang bayangkan Anda berada pada tahun 90-an dengan usia sekarang. Masa ketika tidak semua orang bisa mengoperasikan komputer, termasuk Microsoft Excel. Sekarang? Apa yang digunakan banyak orang mengolah angka? Bayangkan jika Microsoft Excel itu adalah R. Anda akan kebayang, betapa susahnya mengolah angka tanpa R jika sudah terbiasa.

Bisa itu adalah Biasa, dengan tambahan A di tengah, yang artinya antusiasme πŸ™‚

Sufriyana H. (2012)

Saya percaya tidak ada orang yang malas, yang ada hanya orang yang tidak termotivasi. Dengan kata lain, tidak jelas apa alasan orang itu harus menjadi rajin mengerjakan suatu hal, termasuk belajar R.

Agar kita tidak perlu berpikir menjadi programer, mari kita sebut saja orang yang belajar R atau bahasa pemrograman lain sebagai coder.

Berikut 3 alasan kenapa semua orang perlu belajar R:

  1. R paling sedikit dibenci coder dan mudah cari solusi saat mentok
  2. Gambar lebih mudah dibanding angka, apalagi dibanding uji statistik
  3. Mengaduk berbagai tabel untuk berbagai tujuan, dan tercatat

Silakan lanjut ke halaman berikutnya.